Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi postingan tentang bahasa c.
Pengenalan C++
Bahasa C merupakan pengembangan dari bahasa B yang ditulis
oleh Ken Thompson pada tahun 1970. Bahasa C untuk pertama kali ditulis oleh
Brian W. Keringhan dan Denies M. Ricthie pada tahun 1972. Bahasa C, pada
awalnya dioperasikan diatas sistem operasi UNIX.
Bahasa C juga merupakan bahasa pemrogaman tingkat menengah
yaitu diantara bahasa tingkat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut
dengan BAHASA TINGKAT TINGGI DENGAN
PERINTAH ASSAMBLY. Bahasa C mempunyai banyak kemampuan yang sering
digunakan diantaranya kemampuan untuk membuat perangkat lunak, misalnya dBASE,
Word Star dan lain-lain.
Pada tahun 1980 seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup
mengembangkan beberapa hal dari bahasa C yang dinamakan “C with Classes” yang berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Penambahan yang terdapat pada C++
ini adalah Object Oriented Progamming (OOP) , yang mempunyai tujuan utamanya
adalah membantu membuat dan mengelola progam yang besar dan kompleks.
Struktur Program C++
Struktur progam C++ sama dengan struktur progam C yang
terdahulu. Struktur progam C++ terdiri sejumlah blok fungsi , setiap fungsi
terdiri dari satu atau beberapa pernyataan yang melaksanakan tugas tertentu.
#include<file-include>
Main()
{
Pernyataan;
}
Contoh-Ex
#include
<stdio.h>
#include
<conio.h>
Main()
{
Int a = 7;
Char b = ‘G’;
Clrscr ();
Printf (“%c Merupakan Abjad Yang Ke - %d”, b, a);
}
Output yang akan dihasilkan, dari progam contoh – ex diatas
adalah :
G Merupakan Abjad Yang Ke – 7_
Tipe Data
Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar, yaitu :
Tipe data
|
Ukuran Memori
|
Jangkauan Nilai
|
Jumlah Digit
|
Char
|
1 Byte
|
-128 s.d 127
|
|
Int
|
2 Byte
|
-32768 s.d 32767
|
|
Short
|
2 Byte
|
-32768 s.d 32767
|
|
Long
|
4 Byte
|
-2,147,435,648 s.d 2,147,435,647
|
|
Float
|
4 Byte
|
3.4 x 10-308 s.d 1.7 x 10+38
|
5-7
|
Double
|
8 Byte
|
1.7 x 10-308 s.d 1.7 x 10+308
|
15-16
|
Long Double
|
10 Byte
|
3.4 x 10-4932 s.d 1.1 x 10+4932
|
19
|
Tipe data tambahan yang dimiliki oleh Borland C++, adalah :
Unsigned digunakan bila data yang digunakan habya data
yang positif saja.
Tipe data
|
Jumlah memori
|
Jangkauan Nilai
|
Unsigned Integer
|
2 Byte
|
0 – 65535
|
Unsigned Character
|
1 Byte
|
0 – 255
|
Unsigned Long Integer
|
4 Byte
|
0 – 4,294,967,295
|
Konstanta
Adalah suatu nilai yang sifatnya tetap. Secara garis besar
konstanta dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu
·
Konstanta
Bilangan
·
Konstanta
Teks
Konstanta Bilangan
Konstanta bilangan dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
a.
Konstanta Bilangan Bulat.
Adalah bilangan yang tidak mengandung titik
desimal.
Example : 1, 2, 3, 100
b.
Konstanta Desimal Berpresisi Tunggal (Floating
Point).
Konstanta Floating Point, mempunyai bentuk
penulisan , yaitu:
·
Bentuk Desimal (Ex : 5.57)
·
Bentuk Eksponensial / Bilangan Berpangkat (Ex :
4.22e3 = 4.22 x 103)
c.
Konstanta Desimal Berpresisi Ganda ( Double
Precision )
Konstanta Double Precision, pada prinsipnya
sama seperti Konstanta Floating Point, tetapi Konstanta Double Precision
mempunyai daya tampung data lebih besar.
Konstanta Teks
Konstanta teks dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
a.
Data Karakter (Character).
Data karakter hanya terdiri dari sebuah
karakter saja yang diapit oleh tanda kutip tunggal (‘). Data karakter dapat
berbentuk abjad ( huruf besar atau kecil
), angka atau notasi atau simbol.
Contoh : ‘Y’ ‘y’ ‘9’ ‘&’ dan lain-lain
b.
Data Teks (String).
Data String merupakan rangkain dari
beberapa karakter yang diapit oleh tanda kutip ganda (“).
Contoh : “Virusland”, “Jakarta”, “AMIK BSI”,
“Y” dan lain-lain.
Deklarasi Konstanta
Bentuk deklarasi diawali dengan reserved word const
Bentuk penulisannya :
Const tipe_data nama-konstanta = nilai konstanta;
Variabel
Adalah suatu tempat menampung data atau konstanta dimemori
yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah selama proses program.
Dalam pemberian nama variabel, mempunyai ketentuan –
ketentuan antara lain :
·
Tidak boleh ada sepasi (cth : gaji bersih ) dan
dapat menggunakan tanda garis bawah (_) sebagai penghubung (cth : gaji_bersih).
·
Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan
operator aritmatika.
Variabel Numerik
Dibagi menjadi 3 macam :
·
Bilangan Bulat
·
Bilangan Desimal Berpresisi Tunggal atau
Floating Point.
·
Bilangan Desimal Berpresisi Ganda atau Double
Precision.
Variabel Text
·
Character (Karakter Tunggal)
·
String (untuk rangkaian karakter)
Deklarasi Variabel
Adalah proses memperkenalkan variabel kepada Borland C++ dan
pendeklarasian tersebut bersifat mutlak karena jika tidak diperkenalkan
terlebih dahulu maka Borland C++ tidak menerima variabel tersebut. Deklarasi Variabel
ini meliputi tipe variabel, seperti : integer atau character dan nama
variabel itu sendiri. Setiap kali
pendeklarasian variabel harus diakhiri oleh tanda titik koma(;).
TIPE
VARIABEL
|
SIMBOL DEKLARASI
|
Integer
|
int
|
Floating Point
|
float
|
Double Precision
|
double
|
Karakter
|
char
|
Unsigned Integer
|
unsigned int
|
Unsigned Character
|
unsigned char
|
Long Integer
|
long int
|
Unsigned Long Integer
|
unsigned long int
|
Bentuk penulisannya :
Tipe data nama variabel;
Contoh Deklarasi
Char nama_mahasiswa;
Char grade;
Float rata_rata;
Int nilai;
Perintah Keluaran
Perintah standar output yang disediakan oleh Borland C++,
diantaranya adalah :
·
Printf()
·
Puts()
·
Putchar()
·
Cout()
PRINTF()
Fungsi printf() merupakan fungsi keluaran yang paling umum
digunakan untuk menampilkan informasi kelayar.
PUTS()
Perintah PUTS() sama dengan PRINTF(), yaitu digunakan untuk
mencetak string ke layar.
PUTCHAR()
Perintah Putchar() digunakan untuk menampilkan sebuah
karakter ke layar. Penampilan karakter tidak diakhiri dengan pindah baris.
COUT()
Fungsi Cout() merupakan objeck dalam C++ digunakan untuk
menampilkan suatu data kelayar. Untuk menggunakan fungsi cout() ini, harus
menyertakan file header iostream.h
Perintah Masukkan
Perintah standar input yang disediakan oleh Borland C++,
yaitu
·
Scanf()
·
Gets()
·
Cin()
·
Getch()
·
Getche()
SCANF()
Fungsi scanf() digunakan untuk memasukkan berbagai jenis
data.
GETS()
Fungsi gets() digunakan untuk memasukkan data string.
CIN()
Fungsi cin() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan
untuk memasukkan suatu data. Untuk menggunakan fungsi cin() ini, harus
menyertakan file header iostream.h
GETCH()
Fungsi getch() (get character and echo) dipakai untuk
membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu
diakhiri dengan menekan tombol ENTER dan karakter yang dimasukkan tidak akan
ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan ada conio.h.
GETCHE()
Fungsi getche() dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan
sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol
ENTER, dan karakter yang dimasukkan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan ada
conio.h.
Operator Aritmatika
Operator untuk operasi aritmatika yang tergolong sebagai
operator binary adalah :
Operator
|
Keterangan
|
Contoh
|
*
|
Perkalian
|
4 * 5
|
/
|
Pembagian
|
8 / 2
|
%
|
Sisa Pembagian
|
5 % 2
|
+
|
Penjumlahan
|
7 + 2
|
-
|
Pengurangan
|
6 - 2
|
Operator Logika
Operator relasi digunakan untuk menghubungkan dua buah
operasi relasi menjadi sebuah ungkapan kondisi. Hasil dari operator logika ini
menghasilkan nilai numerik 1 (True) atau 0 (False).
Operator
|
Keterangan
|
&&
|
Operator Logika And
|
||
|
Operator Logika OR
|
!
|
Operator Logika NOt
|
Operator Penyeleksi Kondisi
a.
Pernyataan IF
Mempunyai pengertian “jika kondisi bernilai
benar, maka perintah akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan
diabaikan”
b.
Pernyataan IF – ELSE
Mempunyai pengertian “jika kondisi bernilai
benar, maka perintah 1 akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan
mengerjakan perintah-2”.
c.
Pernyataan NESTED IF
Merupakan pernyataan if berada didalam
pernyataan if yang lainnya.
Operasi Perulangan
a.
Pernyataan For
b.
Pernyataan Nested For
c.
Perulangan tidak berhingga
d.
Pernyataan goto
ARRAY
Variabel larik atau lebih dikenal dengan ARRAY adalah tipe
terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe
yang sama. Suatu Array mempunyai jumlah komponen yang banyaknya tetap.
FUNGSI
Merupakan blok dari kode yang dirancang untuk melaksankan
tugas khusus. Kegunaan dari fungsi ini adalah untuk :
-
Mengurangi pengulangan penulisan program yang
berulangan atau sama.
-
Progam menjadi lebih terstruktur, sehingga mudah
dipahami dan dapat lebih dikembangkan.
No comments:
Post a Comment